5 Cara Atasi Grogi Saat Kenalan dengan Cewek

Browse By

atasi-grogi-saat-berkenalanGrogi saat kenalan itu adalah hal yang wajar, tapi juga bukan sesuatu yang layak dipelihara. Grogi sebenarnya justru adalah hal yang membuat perkenalan kamu dengan seorang cewek jadi kacau balau. Cewek mana yang merasa nyaman berkenalan dengan cowok yang bermandikan keringat dan bicara dengan terbata-bata? Kamu bisa disangka epilepsi sama ceweknya.

Mengatasi grogi saat kenalan itu penting untuk dilakukan. Kenapa? Karena kalau kamu pikir-pikir, keberlangsungan spesies umat manusia itu ditentukan dari seberapa baik cowok berkenalan dengan cewek. Semua hubungan, termasuk pernikahan, pastinya diawali dengan sebuah perkenalan kan? Nah, bayangkan kalau cowok selalu gagal memberi kesan baik saat berkenalan dengan cewek sejak dulu. Mungkin sekarang jumlah populasi manusia masih 10 sampai 20 orang saja… Dan semuanya bersepupu pula…

Jadi dengan tujuan mulia untuk mempertahankan keberlangsungan spesies umat manusia (walah lebay!), di artikel ini akan saya berikan 5 tips cara atasi grogi saat berkenalan dengan cewek. Siapkan pulpen, kertas, penggaris, jangkar atau apapun yang kamu butuhkan untuk mencatat karena ini penting bung!

1) Pikirkan Kemungkinan Terburuk

Banyak alasan yang bisa sebabkan seseorang grogi sebelum melakukan sesuatu. Tapi pada umumnya, cowok grogi saat kenalan karena takut mendapat respon negatif dari cewek yang diajaknya kenalan. Bahkan donjuan paling berpengalaman sekalipun memang cuma bisa memprediksi respon dari cewek berdasarkan pengalamannya, tapi tidak ada yang pernah bisa memastikan. Ketidakpastian risiko inilah yang pada umumnya bikin cowok grogi saat kenalan.

Tapi coba deh kamu pikir-pikir lagi: apa sih kemungkinan terburuk yang bisa terjadi saat kamu kenalan? Kamu dicuekin? Kamu dijutekin? Atau si cewek ngakak sampai jungkir pas lihat muka kamu?

Apapun kemungkinan terburuk yang ada di kepala kamu, jujur ajalah, kamu sendiri pun sebenarnya yakin itu tidak bakal terjadi. Seburuk-buruknya realita yang bisa saja terjadi adalah si cewek langsung cabut setelah kenalan dengan kamu. Itupun biasanya dihiasai dengan alasan palsu seperti “Eh aku duluan yah. Buru-buru nih” dan itu tidak akan melukai harga diri kamu sebagai cowok.

Ingat bahwa pada setiap kali momen kenalan dengan cewek, pasti ada pelajaran dan pengalaman baru yang bisa kamu dapatkan. Kalau kamu bisa singkirkan semua kemungkinan terburuk dari kepala kamu sebelum kenalan, kamu bisa dapatkan pelajaran-pelajaran dan pengalaman berharga dari momen kenalan itu.

2) Yakin Sama Kelebihan

Salah satu hal lain yang bisa bikin cowok grogi saat kenalan dengan cewek adalah rasa tidak percaya diri yang lebay. Rasa tidak percaya diri itu sendiri datang dari tidak sadarnya cowok akan kelebihan yang dia miliki. Fokus sama kekurangan akhirnya bikin dia gak pede bin minder.

Padahal faktanya, semua orang punya kelebihan. Ya, semuanya, termasuk kamu. Dan bahkan orang-orang yang dari luar cuma kelihatan kekurangannya saja. Kelebihan itu bisa dalam bentuk kelebihan dalam hal berbicara, kelebihan dalam hal kecerdasan, kelebihan dalam hal keterampilan, kelebihan berat badan, kelebihan kurap, pokoknya macam-macam lah.

Kamu cuma cukup ingat 2 fakta: pertama, semua orang punya kelebihan termasuk kamu. Dan dua, apapun kelebihan kamu dan sekecil apapun itu, yakinlah bahwa kelebihan kamu unik dan bisa membuat kamu menarik.

Kalau kamu selalu ingat kedua hal itu, percayalah kamu tidak bakalan lagi kena kutukan grogi saat kenalan dengan cewek.

3) Tutupi Kekurangan

Layaknya kelebihan, kekurangan juga adalah hal yang dimiliki semua orang, dan itu juga termasuk kamu sendiri. Justru juga termasuk cewek yang kamu ajak kenalan itu loh. Tapi anehnya, kekurangan pada diri adalah salah satu hal yang bikin cowok jadi tidak pede dan berujung grogi saat kenalan.

Kekurangan bukan sebuah hal yang patut dimusuhi ataupun disesali. Karena tanpa kekurangan, kamu tidak akan tau yang mana yang namanya kelebihan. Kekurangan adalah motivasi kamu untuk jadi lebih baik, bukan alasan untuk jadi minder atau tidak pede.

Untuk mengatasi grogi saat kenalan, coba tutupi semua hal yang kamu rasa adalah kekurangan yang membuat kamu kurang menarik. Kekurangan dalam hal apapun itu. Di poin sebelumnya sudah saya sarankan untuk selalu ingat dan yakin pada kelebihan kamu sendiri. Tonjolkan kelebihan tersebut setiap saat untuk menutupi kekurangan yang kamu miliki.

Kalau kamu berhasil menutupi kekurangan kamu dengan kelebihan, kamu tidak akan pernah lagi punya masalah grogi. Bukan cuma saat kenalan dengan cewek tapi bahkan saat tampil di depan umum.

4) Latihan

Ala bisa karena biasa. Pepatah ini bisa diaplikasikan dalam SEMUA hal kecuali mati (tentunya). Termasuk juga dalam persoalan kenalan dengan cewek. Semakin banyak latihan, semakin kamu menyadari bahwa tidak ada alasan untuk grogi saat kenalan dengan cewek.

Di tulisan-tulisan saya yang lain saya selalu menyarankan para pejuang cinta untuk mencoba berkenalan dengan cewek kapanpun itu, ketika waktu dan situasi memungkinkan. Jangan berpikir bahwa kenalan dengan cewek harus berujung PDKT lalu pacaran. Kenalan dengan cewek sebaiknya didasari dengan niat ingin berteman dulu dan terutama untuk latihan kenalan.

Karena seni dalam berkenalan dengan cewek adalah bagaimana kamu bisa membuat cewek tersebut terbuka sesaat setelah kenalan. Ini adalah skill yang jujur saja tidak banyak dimiliki cowok di Indonesia, bahkan di lingkungan pergaulan saya yang mengaku “penjahat kelamin” (bleh).

Skill mencairkan suasana dan membuat cewek terbuka sesaat setelah kenalan cuma bisa kamu dapatkan dengan latihan yang cukup. Karena tidak ada konsep dan formula khusus yang bisa digunakan semua orang untuk mencairkan suasana saat kenalan. Ini karena metode dan formula yang baik itu berbeda-beda tergantung kepribadian masing-masing orang. Dan cuma dengan latihan yang cukup kamu bisa menemukan metode mencairkan suasana saat kenalan yang cocok dengan kepribadian kamu.

5) Perbaiki Penampilan

Kalau kita mau jujur, penampilan adalah salah satu faktor utama yang bikin cowok tidak pede saat kenalan. Baik itu karena kekurangan pada fisik ataupun cuma sekedar karena merasa kurang dalam hal berpakaian / penampilan.

Untuk yang satu ini, tentu mudah saja: perbaiki penampilan kamu sebaik yang kamu bisa.

Tidak bisa dipungkiri bahwa manusia adalah mahkluk yang sedangkal air becek. Kita semua memang menilai orang dari penampilan dulu sebelum memutuskan apakah dia layak untuk dikenal lebih jauh. Kamu boleh saja mempertahankan idealisme ‘dont judge a book from it’s cover’ dan memilih berpenampilan ala kecebong selokan. Tapi jangan heran kalau perkenalan kamu dengan cewek akan berakhir ngobrol dengan trotoar.

Kalau karena satu dan lain hal yang membuat kamu mustahil untuk tampil sekinclong Cristiano Ronaldo, setidaknya jaga penampilan kamu dengan kebersihan. Sejelek-jeleknya seorang cowok, cewek masih bisa menghargai usahanya menjaga kebersihan diri. Tapi entah dari mana kebanyakn cowok mendapatkan hidayah bahwa ‘kotor itu jantan’…. Tidak, kotor itu gembel bro!

Jadi cukup jaga kebersihan diri dan pakaian kamu untuk selalu siap berkenalan dengan cewek, dimanapun itu. Kalaupun kamu tidak begitu menarik secara penampilan, setidaknya kebersihan diri adalah kelebihan yang bisa kamu tonjolkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *