Browse By

12 Tips Menjauhi dan Melupakan Mantan dengan Cepat

12-Tips-Menjauhi-dan-Melupakan-Mantan-dengan-CepatMelupakan mantan dalam waktu singkat memang bukanlah perkara yang mudah. Apalagi kalau mantan kamu itu adalah cinta pertama kamu, dan sudah banyak sekali kenangan-kenangan indah yang telah kalian lalui bersama. Belum lagi, kalau kalian sudah saling kenal dengan orang tua masing-masing, maka itu pasti akan lebih sulit.

Tapi, kalau kamu memang sudah ingin melupakan mantan kamu itu, dan tidak ingin lagi mengingat kenangan indah bersamanya. Maka, kamu bisa mencoba 12 tips di bawah ini, berdasarkan pengalaman pribadi Saya yang telah diputuskan oleh mantan dan ditinggal nikah :'(

1. Lupakan setiap kenanganmu bersamanya

Tips pertama ini memang adalah paling sulit untuk dilakukan. Tapi, kalau kamu memang ingin cepat-cepat melupakan mantan kamu itu, maka semua kenangan kamu dengan dia harus dihapus dan dikubur dalam-dalam. Kalau Kamu masih terjebak dengan kenangan-kenangan indah bersamanya, maka ini tentunya akan membuat Kamu terjebak cukup lama dengannya.

2. Jangan stalking

Kalau kamu ingin menghindari stalking, maka kamu harus menghapus atau memblok akun pertemanan kamu di sosial media dengan mantan kamu itu, begitu pula dengan teman-temannya. Karena bisa saja saat teman-temannya itu berfoto, maka mantan kamu ada juga dalam foto tersebut, yang membuat kamu melihat wajah indahnya lagi. Kamu, tidak perlu lagi mencari tahu mengenai dia, kehidupannya, pacar barunya, tempat tinggalnya dan lainnya dari sumber manapun itu.

3. Buang atau bakar barang pemberiannya

Tips selanjutnya dalam melupakan mantan dengan cepat yaitu dengan membuang atau membakar setiap pemberiannya. Karena, kalau kamu itu masih menyimpan setiap barang pemberiannya tersebut, maka kamu itu pasti akan selalu teringat dengan kenangan akan barang tersebut. Tapi, kalau barangnya itu cukup berharga atau mewah, seperti iPhone, emas, tas branded, atau lainnya, maka sebaiknya kamu jual aja. Kemudian, uangnya kamu pakai deh liburan, agar pikiran kamu bisa segar kembali, hehehe.

4. Jangan memikirkan dia lagi

Kalau masih di awal-awal putus, pasti kamu itu akan kesulitan dalam melupakannya. Apalagi, kalau itu adalah pacar pertama kamu, dengan berbagai kenangan-kenangan indah yang pernah kamu lalui. Tapi, kalau kamu itu terus-menerus mengingatnya, maka kamu itu akan sulit untuk lupa dengannya. Maka dari itu, kamu tidak perlu lagi memikirkan tentang dia, apapun yang dilakukan, dan posisinya. Cobalah alihkan pemikiran kamu dengan hal-hal positif lainnya, seperti menjual barang pemberiannya tadi, lalu uangnya itu pakai liburan bareng teman.

5. Jangan lakukan kontak apapun dengannya

Baik itu sosial media atau nomor telepon, sebaiknya kamu jangan pernah melakukan kontak dengannya. Karena, setelah kalian putus, maka tidak ada lagi kewajiban kamu untuk menghubungi dan mengetahui tentang dia lagi. Kalau pun kamu itu ingin tetap berteman, maka tetap jaga jarak dan jangan ada lagi panggilan sayang atau cinta, seperti saat masih berpacaran dulu.

6. Menghindar

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan saat masih di awal-awal putus adalah dengan menghindar darinya. Kalau pun memang sampai ketemu secara tidak sengaja, maka kamu harus coba untuk menghindari pembicaraan atau kontak langsung. Kalau dia menyapa kamu, maka kamu cukup sapa balik, dan tidak perlu berhenti untuk ngobrol panjang lebar dengan dia, seperti bertanya kabar atau hal yang dilakukan sekarang.

7. Hangout bareng teman

Tips yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah dengan jalan atau hangout bareng teman-teman kamu. Jalan bersama teman atau sahabat merupakan salah satu cara paling ampuh dalam melupakan setiap masalah yang kamu alami. Jalan bareng teman itu tidak harus ke luar rumah, seperti ke mall, klub malam, dan lainnya. Kamu pun bisa menghabiskan waktu bersama teman di rumah sambil nonton film. Kemudian, kamu bisa curhat atau minta saran untuk dipertemukan dengan teman dari teman kamu yang lainnya agar bisa cepat move on.

8. Membuka hati kepada yang lain

Kalau teman kamu itu memang memiliki teman yang juga lagi jomblo, maka kamu bisa coba untuk membuka hati kamu kepadanya, agar kamu itu bisa cepat melupakan mantan kamu itu. Karena, tidak ada gunanya juga untuk terus mengingat mantan yang mungkin saja sudah melupakan kamu. Terbukalah dengan orang yang baru, agar rasa sakit kamu itu pun bisa tertutupi dan hilang. Kamu juga jangan trauma dengan kisah cinta kamu itu. Kalau trauma itu kamu bawa terlalu lama, maka kamu itu tida bisa move on.

9. Jadilah pribadi yang kuat

Menjadi diri lebih kuat, maka kamu itu harus banyak bersabar dan tabah dengan kondisi kamu. Kamu juga harus lebih bijak dan mandiri dalam menghadapi hari-hari selanjutnya tanpa mantan kamu itu. Walaupun memang cukup sulit, kamu itu harus mulai bangkit dari keterpurukan karena putus dengan mantan. Yang menjadi masa lalu, maka biarlah tetap berlalu, kamu harus membuka lembaran baru untuk masa depan yang lebih baik.

10. Jadikan pelajaran

Setiap hal baik itu positif atau pun negatif, pasti ada hikmah yang bisa kamu tarik di dalamnya. Kamu tidak perlu terlalu larut terjebak dalam kesedihan. Tapi, kamu harus mecari tahu apa pelajaran yang bisa kamu tarik dari putusnya hubungan dengan mantan kamu itu. Apakah karena, kamu ada kesalahan yang memang tidak bisa lagi dimaafkan atau sebaliknya? Atau memang ada beberapa hal yang memang tidak bisa menyatukan kalian berdua. Semua itu bisa menjadi pelajaran buat kamu untuk memperbaikinya pada kesempatan selanjutnya.

11. Tetap ceria (Be Happy)

Kalau kamu selalu berada di dalam kemurungan maka, orang-orang sekitar kamu tentunya akan selalu mengingatkan kamu dengan mantan kamu itu. Kamu, harus bisa menghilangkan kemurungan dan kesedihan tersebut dengan tetap ceria, agar orang-orang sekitar kamu juga bisa membantu kamu dalam melewati masa-masa sulit kamu itu. Nikmatilah hidup kamu selanjutnya, dan tetap syukuri dengan apa yang kamu capai saat ini.

12. Ayo move on!

Tips terakhir yang harus kamu lakukan adalah move on. Biasanya move on ini baru bisa dilakukan saat kamu sudah mulai melupakan mantan kamu. Waktunya pun bisa sampai sebulan, 2 bulan, atau mungkin setahun, tergantung dari waktu yang kamu butuhkan untuk tegar dan tabah. Kalau kamu move on satu hari setelah putus atau ditinggal pacar, itu berarti kamu mungkin selingkuh! Saya tahu, karena Saya sudah merasakan hal ini.

Nah, itulah 12 tips yang bisa Saya berikan di artikel kali ini mengenai melupakan mantan dan kenangannya dengan cepat. Kalau kamu punya tips lain, maka bisa menambahkannya pada kolom komentar di bawah ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *