Browse By

12 Cara Mempertahankan Hubungan yang Hampir Putus dengan Pacar

Bertengkar dengan pacar adalah hal yang biasa. Beberapa orang menganggap kalau ini adalah bumbu dari hubungan yang akan selalu ada untuk melengkapi hubungan agar bisa awet. Tapi, kalau pertengkaran tersebut sudah sangat hebat dan bahkan sudah diambang kata putus, maka itu biasanya akan sulit untuk terselesaikan lagi. Padahal di satu sisi, kalian juga tidak menginginkan kata putus tersebut terucap melalui pertengkaran tersebut.

Untuk itu, bagi kalian yang memang sedang mengalami kondisi serupa, atau pun bagi yang ingin cuma tahu saja cara mempertahankan hubungan yang hampir putus ini, maka 12 cara di bawah ini pasti bisa sangat membantu kalian.

1. Jangan bersikap egois

Di saat hubungan sudah hampir berakhir, maka kalian pastinya akan bertengkar dengan hebatnya. Perdebatn dan adu argumen pun pastinya akan dilakukan dari masing-masing pihak, karena masing-masing egois. Nah, kalau kamu itu memang masig sayang dengan pacar kamu, dan tidak menginginkan hubungan ini berakhir begitu saja, maka kamu itu harus berpikir positif, dan jangan egois. Mengalah untuk kebaikan itu bisa kamu lakukan, kalau memang itu adalah hal yang terbaik untuk hubungan kalian nantinya.

2. Jangan sampai hilang komunikasi

Pertengkaran yang hebat dengan pacar pasti akan menghasilkan kerenggangan komunikasi. Sehingga, kalian berdua pun nantinya tidak berkomunikasi lagi, dan putus. Komunikasi ini adalah hal yang sangatlah penting dan juga sakral untuk kamu jaga bersama. Tanpa komunikasi, maka kamu itu tentunya tidak bisa menjaga hubungan dengan baik. Saat kamu bertengkar dengan pacar, memang akan membutuhkan waktu untuk sendiri, sehingga sulit untuk melakukan komunikasi. Tapi, kalau kamu itu memang masih ingin mempertahankan hubungan dengan pacar kamu itu agar tidak putus, maka kamulah yang harus menghubungi dia lebih dulu.

3. Lebih perhatian lagi

“Kamu gak pernah merhatiin aku lagi!”

Kalimat seperti itu biasanya akan dikeluarkan oleh cewek yang lagi marah. Ini adalah salah satu penyebab cewek menjadi marah kepada pacarnya. Cowok pun biasa ada yang mempermasalahkan hal ini (mungkin karena dia adalah cowok yang feminim ya). Maka dari itu, kalau pacar kamu itu memang mempermasalahkan hal ini, itu berarti kesalahan ada pada kamu, dan pastikan perhatian kamu ke dia lebih ditingkatkan lagi. Kalau perlu, saat pacar kamu itu mandi, kamu juga harus merhatiin setiap tubuhnya, untuk memastikan tidak adanya kotoran yang melekat, hehehe. (Dasar otak mesum)

4. Dari hati ke hati

Istilah ini banyak digunakan oleh orang-orang kita di Indonesia ini untuk bisa mencapai musyawarah dan mufakat yang lebih baik. Makanya, di negara kita ini banyak yang lebay-lebay, soalnya semuanya pakai hati. Nah, cobalah kamu lakuin kebiasaan yang sudah melekat di negara kita, siapa tahu pacar kamu itu juga orangnya lebay, jadi hatinya bisa luluh dengan berbicara dari hati ke hati.

5. Cobalah untuk bertemu secara langsung

Cara selanjutnya untuk bisa mempertahankan hubungan saat diambang putus itu adalah bertemu langsung. Poin yang ini sebenarnya sebeluh poin di atas, tapi biasanya poin yang keempat di atas itu bisa juga dilakukan melalui telepon atau mungkin video call. Namun, cara itu tidaklah cocok untuk bisa mempertahankan hubungan yang sudah diambang putus ini. Kamu itu harus berbicara langsung dengan dia, agar ekspresi dan mimik wajah kamu itu bisa menjelaskan setiap permasalahan kamu terhadapnya.

6. Ngomong terus terang aja

Pacar pasti akan tahu apa saja kebohongan kamu di belakangnya. Maka dari itu, kamu harus berterus terang di depannya tentang apa yang kamu sembunyikan tersebut (kecuali kejutan untuk dia). Selain kebohongan tersebut, hal yang perlu kamu bicarakan secara terus terang itu termasuk hal yang kamu tidak sukai dari dia juga. Dengan berbicara secara terus terang mengenai hal yang kamu sembunyikan dan ketidak sukaan kamu dari dia, maka setiap masalah kalian pastinya bisa didiskusikan dengan lebih santai dan pastinya akan cepat terselesaikan.

7. Lihat situasi dulu ya!

Kalau memang kamu baru saja bertengkar dengan hebat dengan pacar kamu, di mana tubuh kalian berdua masih dipenuhi dengan bekas tebasan, cakaran, pukulan, dan peluru (lebay), maka kamu jangan nyolot dulu ya! Berikan waktu untuk diri kamu dan juga pacar kamu itu untuk berpikir, mungkin sehari, dua hari, atau pun bisa sampai seminggu. Biarkan kondisi tenang dulu, barulah kamu coba poin pertama sampai poin ke enam di atas.

8. Jadilah pendengar yang baik (Good listener)

Pacar yang cerewet atau pun drama queen, yang kalau marah mulutnya itu tidak berhenti ngerocos, mengucapkan semua hal yang sebenarnya hanyalah dongeng belaka, pasti akan membuat telinga kamu seperti sesak dengan bubuk mesiu, dan siap untuk diledakkan. Kalau kamu punya pacar seperti ini, maka yang bisa kamu lakukan itu hanyalah diam dan mendengarkan. Kamu, cukup sesekali menjawab setiap pertanyaan yang dia sampaikan, walaupun pertanyaan itu tidak nyambung dengan penyebab kemarahannya. Misalnya saja, dia marah sambil bertanya soal ujian nasional untuk matematika, dan lainnya. Dari sini, kamu bisa melihat apa saja yang menjadi penyebab dari pacar kamu marah-marah sampai segitunya kan, hehehe.

9. Minta maaflah duluan (mengalah lebih baik dari pada harus bertengkar terus)

Bersikap ikhlas adalah sesuatu yang sangatlah sulit untuk diterapkan oleh manusia di jaman sekarang ini. Semuanya ingin menang sendiri agar dianggap bisa lebih mendominasi. Kalau kamu ingin memenangkan hati pacar kamu yang lagi marah dan sudah diambang kata putus, maka kamu harus mengucapkan kata maaf duluan. Biarkanlah dia menganggap dirinya benar dengan pertengkaran tersebut, kamu harus ikhlas menerima kekalahan dalam percekcokan, tapi kamu berhasil memenangkan hatinya dengan meluluhkannya dengan kata maaf duluan. Walaupun, yang salah sebenarnya adalah dia, karena dia meminjam motor kamu dan lalu ditabrakan ke dinding, hehehe.

10. Tetaplah positif (sikap dan pikiran)

Tetap positif di sini tidak hanya harus kamu terapkan pada pikiran saja, melainkan pada sikap kamu juga. Jangan sampai pikiran kamu yang sudah penuh dengan amarah tersebut membuat kamu melakukan tindakan-tindakan negatif terhadap pacar kamu. Kamu bisa terkena undang-undang KDRT tuh, hehehe.

11. Harus bisa mengerti satu sama lain

Kalau kamu itu memang lebih mementingkan ego masing-masing, maka kalian berdua pastinya akan sulit untuk bisa bersatu lagi. Kalian harus bisa saling mengerti satu sama lainnya, agar hubungan kalian berdua ini pun bisa tetap kembali dan terjaga dengan baik. Cara ini pun bisa kalian terapkan agar hubungan asmara bisa langgeng dan awet.

12. Cobalah untuk minta saran dari teman, sahabat, atau keluarga

Berpikir sendiri memang akan membuat kamu mengambil keputusan yang biasanya akan disesali. Untuk itu, kamu bisa mencari masukan dari teman-teman, sahabat, atau pun keluarga yang tahu, kenal, dan akrab dengan pacar kamu itu. Mintalah saran mengenai hubungan kalian ini, apakah masih bisa dilanjutkan atau mungkin disudahi saja. Tapi, pastikan masukan tersebut tidak hanya dari satu orang saja, carilah 2 atau lebih teman yang berbeda, baik dari pihak kamu atau pacar yang kamu kenal untuk mendapatkan saran tersebut sebagai perbandingan.

So, kalau memang kalian berdua masih saling menyayangi satu sama lain, maka berdamailah, dan lupakan semua permasalahan kalian untuk masa depan yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *