Browse By

12 Penyebab Cewek (Pacar) Kamu Selingkuh

Bagaimana Cara yang Baik Melarang Pacar yang Terlalu Sering Bergaul dengan Teman CowoknyaPacaran memang sebuah fenomena yang indah. Dimulai ketika cewek kamu pertama kali bilang “iya” saat ditembak, hari-hari kamu jadinya terasa komplit dengan kehadiran dan perhatian si doi. Dunia rasanya jadi milik berdua dan segalanya jadi terasa indah, bahkan saat kamu gak punya duit untuk beli rokok atau saat kejang-kejang karena keracunan tempe formalin.

Sampai akhirnya kamu menemukan kenyataan bahwa cewek kamu selingkuh dengan cowok lain… (eng ing eeeeeng!).

Kamu mulai bertanya-tanya, siapa yang salah sebenarnya? Tapi sebelum kamu bisa menjawab, dengan murkanya kamu menonjok cowok yang sudah memenangkan hati cewek kamu itu. Tapi bukannya tergugah, cewek kamu malah minta putus dan kamu dilaporkan ke polisi oleh cowok tadi dengan alasan pemukulan. Kamu terjebak dalam situasi ‘sudah jatuh, tertimpa tangga pula, lalu digebukin sama yang punya tangga’.

Saat kamu meringkuk di penjara Polsek yang bau air kencing maling hp Cina, kamu mulai bertanya-tanya kenapa cewek kamu bisa selingkuh. Tapi kamu gak akan bisa menemukan alasannya, karena sebenarnya, kebanyakan penyebab selingkuhnya cewek datang dari kesalahan kamu sendiri, baik kamu sadari atau tidak. Inilah sebenarnya inti yang mau saya sampaikan, jadi kalau cerita lebay yang tidak realistis di atas bikin kamu bingung, acuhkan aja deh.

Pokoknya, ada ribuan alasan kenapa cewek kamu bisa selingkuh. Tapi kebanyakan alasan tersebut datang dari kesalahan kamu sendiri. Artinya, dengan mengetahui kesalahan-kesalahan tersebut, kamu bisa menghindari fenomena perselingkuhan yang bisa bikin kamu ngemil Baygon elektrik karena depresi.

Tanpa basa dan basi lagi, berikut ini 12 alasan cewek (pacar) kamu selingkuh.

1. Kamu Egois!

Semua manusia tentu punya ego. Yang bikin hubungan percintaan berbeda dengan ruang DPR adalah ego kedua belah pihak masing-masing terpenuhi. Mungkin tidak selamanya bisa seperti itu memang. Tapi hubungan yang sehat adalah hubungan dimana kedua pasangan tau kapan harus egois dan kapan harus mengalah.

Tapi kebanyakan cowok memang punya ego yang lebih besar ketimbang cewek kalau bicara masalah hubungan. Sifat keras dan dominan ini memang bakal kamu butuhkan nanti ketika sudah berkeluarga. Tapi cowok juga dianugrahi logika yang lebih stabil karena gak mesti terpengaruh dengan PMS sebulan sekali. Sebagai cowok, kamulah yang harus mengerti kapan harus memaksakan kehendak dan kapan harus mengalah untuk bikin si pacar senang. Kalaupun kamu memaksakan ego kamu, sebaiknya harus didukung dengan alasan yang logis dan solusi yang baik untuk si doi juga.

Kegagalan kamu mengendalikan ego pada akhirnya akan bikin cewek kamu ilfil, dan yang paling parah, bikin doi harus cari cowok yang lebih topcer dalam persoalan menahan diri.

2. Kamu Kurang Peka

Cewek dan cowok pada dasarnya memang berbeda. Salah satu perbedaan paling mendasar adalah cewek sangat peka perasaannya sementara cowok cuma peka pada sentuhan, terutama di wilayah selangkangan (weks!). Sebagai cowok yang baik, kamu tidak dituntut untuk bisa sepeka cewek kamu, tapi setidaknya kamu mengerti kepekaan tersebut.

Biar gampang, saya beri contoh simple aja. Kamu gak mesti ikutan nangis tersedu-sedu saat nonton drama Korea menjemukan. Tapi setidaknya kamu gak mesti keheranan kalau cewek kamu nangis saat nonton. Melatih kepekaan ini pada akhirnya akan bikin kamu tau cara menghadapi si doi dalam segala situasi, termasuk saat si doi ngambek kayak balita.

Ketidakmampuan kamu untuk peka akan bikin si doi cari cowok lain, dan cewek kamu gak bisa sepenuhnya disalahkan untuk itu, man.

3. Kamu Gak Pengertian

Pengertian dua arah adalah fondasi dari setiap hubungan, mulai dari pertemanan, pacaran sampai perjanjian black magic sama jin kafir (what?). Pada intinya, pengertian adalah satu-satunya hal yang bakal bisa menyatukan perbedaan dua manusia yang terlibat hubungan percintaan. Tanpa ini, hubungan cuma akan diisi dengan cekcok dan tendangan putar.

Saya akan beri contoh biar gampang. Salah satu kebutuhan cewek ke cowoknya adalah sebagai wadah yang ikhlas untuk mendengar curhatan. Saya tau curhatan cewek kadang sama membosankannya dengan nonton siaran Iran tanpa teks. Tapi karena curhat adalah kebutuhan si doi, kamu harus tetap bisa mendengarkan dengan antusias setidaknya sampai rasa bosan bikin kamu jatuh koma.

Banyak pengorbanan lain yang harus bisa kamu lakukan buat si doi dalam hubungan, baik kecil atau besar. Tapi semua ini tidak akan bisa kamu lakukan tanpa adanya pengertian. Kalau kamu tidak bisa mengerti, jangan salahkan si doi kalau mencari cowok lain yang lebih pengertian, misalnya penulis artikel ini.

4. Kamu Kurang Perhatian

Pacaran dengan cewek memang terkadang lebih melelahkan ketimbang memelihara kucing pernakan Persia berkaki buntung. Pasalnya, cewek butuh perhatian dari cowok yang menyandang predikat pacar (yang kebetulan adalah kamu) dan cowok yang terlahir kurang peka itu harus bisa mengerti.

Cewek tentu gak bisa disalahkan untuk ini. Karena perhatian adalah salah satu bentuk rasa sayang, dan komodo juga tau ini. Perhatian kecil seperti sms konyol berbunyi “kamu udah makan, beb?” sudah bisa membuat cewek kamu merasa diperhatikan dan disayangi. Tapi ingat, perhatian juga sebaiknya berimbang – tidak berlebihan dan tidak juga kekurangan.

Perhatian berlebihan seperti sms berbunyi “jangan lupa pakai cd hari ini ya beb” tidak akan bikin si doi merasa diperhatikan, tapi tentu bakal bikin si doi merasa kamu psikopat. Kalau kamu begini, jangan salahkan si doi kalau nyari cowok lain yang gak kelainan mental, seperti penulis artikel ini misalnya.

5. Kamu Pikun

Lupa adalah akar dari segala bentuk masalah. Bukan cuma dalam hubungan percintaan, lupa bisa jadi masalah di semua aspek kehidupan kamu. Coba aja deh pasang perangkap beruang di rumah dan lupakan lokasinya. Masalah kan?

Sifat pelupa juga adalah salah satu dari banyak hal yang bisa bikin cewek kamu ilfil. Cewek mana yang bisa tahan dengan cowok yang tiap kali menjemput harus telat 3 jam karena lupa? Cewek mana yang bisa tahan sama pacar yang tiap kali ulangtahun ngasih ‘surprise’ ulangtahun seminggu setelahnya, cuma karena lupa?

Cowok pelupa akhirnya akan bikin cewek eneg. Ini karena lupa adalah sebuah simbol tegas bahwa kamu tidak perhatian. Jadi jangan salahkan ceweknya kalau harus selingkuh dengan cowok yang lebih perhatian, misalnya dengan penulis artikel ini (lagi-lagi!).

6. Kamu Juga Selingkuh, Nyet!

Setiap cowok merasa punya hak untuk menuntut ceweknya setia, dan begitu pula sebaliknya. Masalahnya, fakta membuktikan bahwa ada satu persyaratan utama yang harus dipenuhi sebelum kamu punya hak untuk menuntut kesetiaan dari pacar kamu. Syarat itu adalah kamu juga harus setia.

Minta pacar setia sambil pelukan dengan selingkuhan kamu sama halnya seperti maling yang ikutan gebukin maling. Perselingkuhan dalam hubungan bukanlah sebuah hal yang wajar. Dan karena itu, selalu ada tanda-tanda selingkuh yang bisa terlihat terlepas dari selihai apa kamu berselingkuh. Dan hanya lewat tanda-tanda ini saja, cewek kamu bisa ikut merasa ‘berhak’ untuk berselingkuh.

Jadi jangan menutut kesetiaan kalau setia juga bukan hal yang bisa kamu lakukan buat si doi.

Catatan: ngomong-ngomong soal tanda selingkuh, baca juga artikel 5 Tanda Cewek Kamu Tidak Setia yang sudah ditulis sebelumnya.

7. Kamu Kurang Membatasi Pergaulan Doi

Salah satu penyebab cewek kamu selingkuh adalah karena kebebasan yang kebablasan. Memang, mengekang pergaulan cewek kamu adalah sebuah bentuk kejahatan yang pantas divonis dengan hukuman kerangkeng setengah abad. Tapi demi menghindari pacar selingkuh, membatasi pergaulan memang harus dilakukan. Ingat, membatasi pergaulan, bukan mengekang pergaulan.

Sebagai cowok, kamu seharusnya memberikan contoh kepada si cewek mengenai bagaimana seharusnya seorang pacar membatasi diri dalam pergaulan. Saat masih jomblo, kebebasan hakiki untuk bergaul kesana kemari memang cuma punya kamu seorang. Tapi ketika kamu sudah dilantik menjadi pacar, harus ada jarak yang kamu buat dengan teman-teman, terutama teman yang berbeda jenis kelamin. Ini untuk mengurangi kemungkinan terjebak perselingkuhan dan juga untuk menjaga perasaan pasangan.

Kalau kamu gagal menjelaskan konsep ini ke si doi, jangan heran kalau dia bakal tetap bergaul seperti kuda liar yang akhirnya bakal berujung perselingkuhan dengan kuda jantan liar lainnya, misalnya penulis artik… eh gak jadi deh.

8. Hubungan Kamu Boring

Dari sekian banyak alasan cewek selingkuh, satu alasan yang paling sering ditemukan adalah karena hubungan yang membosankan. Hubungan percintaan yang membosankan adalah komplikasi dari berbagai masalah, salah satunya karena kamu sendiri kurang kreatif dalam ‘menyegarkan’ aktivitas pacaran kamu.

Anggap aja kamu udah pacaran 2 tahun. Bayangkan kalau kalian harus menghabiskan 2 tahun tersebut dengan aktivitas kencan yang sama: jalan di malam minggu, makan malam dengan candle light, keliling kota sambil ngobrol terus pulang dan tunggu apel minggu depan lagi.

Pacaran yang monoton seperti ini pasti bikin eneg si doi, dan bahkan kamu sendiri. Ini tidak hanya akan jadi alasan yang bagus buat si doi minta putus, tapi juga alasan pacar kamu untuk selingkuh. Biar pacaran kamu tidak monoton bin membosankan, coba baca lagi artikel-artikel yang sudah pernah ditulis sebelumnya.

9. Kamu Bikin Ilfil

Setelah membaca artikel 5 Langkah Nembak Cewek yang Pasti Diterima, akhirnya kamu bisa ‘memaksa’ gebetan kamu bilang “iya” sebagai tanda jadi hubungan cinta kalian. Ketika cewek merelakan dirinya disebut pacar kamu, ini karena kamu berhasil membuat si doi jatuh hati (yaelah gulay kambing juga tau). Tapi jangan salah, perjuangan kamu belum selesai, bung. Karena kamu masih bisa bikin cewek kamu kehilangan perasaannya, baik dengan cara yang kamu sadari atau tidak.

Ketika cewek kamu sudah kehilangan perasaannya, sudah tidak lagi ada alasan untuk bertahan sebagai pacar. Karena kebanyakan cewek rada susah bilang putus, jadinya si cewek lebih cenderung mengisi kekosongan tersebut bersama cowok lain yang akhirnya jadi selingkuhannya. Ketika cewek kamu ilfil, dia punya banyak alasan untuk selingkuh dan sayangnya, itu adalah salah kamu sendiri.

Biar bencana ini tidak harus terjadi dalam hubungan kamu, baca lagi artikel 7 Hal yang Bikin Cewek Ilfil sama Cowoknya.

10. Kamu Kurang Deket Sama Doi

Salah satu alasan lain cewek kamu selingkuh adalah karena kalian tidak begitu dekat layaknya dua sejoli. Kalian mungkin masih menyandang predikat pacar untuk satu sama lain, tapi hari demi hari hubungan kamu mulai berubah menjadi persahabatan daripada pacaran. Jangan salah, orang yang pacaran aja masih bisa terjebak friendzone, bro.

Ini biasanya terjadi pada hubungan percintaan anak-anak abg, dimana masa-masa pacarannya diisi dengan jaim-jaiman. Kencan cuma bisa sekali seminggu, itupun cuma diisi dengan acara ‘pelototin hp masing-masing’ sampai pulang. Tidak banyak waktu yang dihabiskan bersama dan tidak banyak obrolan dua arah yang terjadi. Tidak ada kedekatan yang bisa terbangun lewat proses seperti ini.

Kalau hubungan kamu masih seperti ini, sudah waktunya ada transformasi. Karena kalau kedekatan dan kebersamaan itu tidak segera terbangun, si doi akan berpindah hati ke cowok lain yang lebih cakap dalam membangun kedekatan, misalnya penulis artikel in… ah sudah lah.

11. Kamu Pemalas

Kalau kamu udah baca 7 Sifat Cowok yang Bikin Cewek Jatuh Cinta yang bikin cewek jatuh cinta, kamu pasti sudah menyadari bahwa kamu setidaknya harus punya beberapa sifat tersebut untuk bisa mempertahankan perasaan si doi terhadap kamu. Salah satu yang saya sebutkan di artikel itu adalah visi masa depan.

Cowok percaya diri yang punya visi masa depan adalah cowok yang mudah memikat cewek manapun. Karena visi terhadap masa depan adalah bentuk awal tanggungjawab seorang cowok yang nantinya bakal jadi suami. Tapi kalau kamu lebih banyak menghabiskan waktu bergaul, nongkrong, ngurusin pelek mobil, tidur dan semua bentuk kegiatan tidak produktif lainnya, jangan salahkan pacar kamu kalau jadinya ilfil.

Cewek suka dengan cowok yang bisa memberikan ‘jaminan’ masa depan, setidaknya dalam bentuk usaha. Ketika kamu bahkan terlalu malas untuk sekedar berusaha, silahkan aja langsung ke laut dan nyebur jadi ubur-ubur. Kali aja ada ubur-ubur betina yang tertarik, bro.

12. Cewek Kamu Bajingan

Di 11 poin di atas sudah saya sebutkan semua kemungkinan penyebab selingkuhnya cewek kamu yang berdasarkan salah kamu sendiri. Itu tadi bukan karena saya cuma hobi menyalahkan kamu ya. Tapi biar ada aksi yang setidaknya bisa kamu lakukan untuk menghindari kemungkinan di selingkuhi oleh cewek kamu sendiri (iyalah, masa diselingkuhi cewek orang lain?).

Tapi pada kenyataannya, ada satu fakta yang tidak bisa ditutupi. Cewek kamu bisa aja selingkuh cuma karena si doi memang cewek bajingan yang brengsek calon penghuni neraka level 12. Kalau nulisnya sambil baper, kadang jadinya otomatis ter-bold.

Tapi kalau mau dipikir-pikir lagi, sebenarnya kenapa juga sampai kamu bisa salah pilih cewek sih? (nah loh, kamu lagi yang salah kan?) Biar kamu tidak salah pilih cewek, pastikan dulu gebetan kamu memang punya semua kualitas yang bikin si doi pantas difasilitasi jabatan pacar. Berikut ini beberapa artikel yang rasanya perlu kamu baca sebagai acuan bia gak salah pilih:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *